Mengatasi Anak Malas Belajar

Berikut ini cara mengatasi anak malas belajar yang patut Anda coba :

1. Temani belajar

Banyak sekali penyebab anak malas belajar salah satunya adalah tidak ada teman belajar. Seorang anak lebih suka belajar dengan teman karena ada orang yang dia ajak untuk berbicara sehingga belajar tidak terkesan terlalu serius. Anda juga dapat membantu buah hati Anda jika dia menemui kesulitan mengenai pelajarannya. Menemaninya belajar juga membuat Anda semakin dekat dengan buah hati.

2. Ciptakan suasana nyaman

Buatkan anak tempat khusus belajar yang mempunyai suasana yang mendukung seperti tempat yang bersih, pasang AC atau kipas angin jika diperlukan, atau akuarium kesukaannya. Pilihlah warna cerah untuk warna dindingnya agar kesan bersih ruangan semakin terasa misalnya putih atau warna kesukaannya. Suasanya yang nyaman akan membuat anak Anda betah berlama-lama di tempat itu.

3. Sering ingatkan pelajaran sekolah

Sepulang sekolah hendaknya Anda membiasakan menanyakan “bagaimana sayang pelajaran hari ini? Ada PR tidak?”, namun Anda jangan langsung menyuruh anak Anda mengerjakan PR karena anak juga butuh refresh setelah seharian belajar di sekolah. Beri kesempatan dia bermain. Di saat jam belajar, ingatkan anak Anda untuk mengerjakan PR.

4. Buat peraturan

Malam hari merupakan waktu yang cocok untuk belajar. Tapi pada jam-jam tersebut, banyak sekali acara TV yang menarik bagi anak Anda atau jam ketika anak ingin bermain internet atau game. Buat aturan boleh nonton TV jika sudah belajar serta PR selesai dikerjakan.

5. Jelaskan manfaat belajar

Ceritakan manfaat belajar kepada anak dengan perlahan terkadang usia yang terlalu muda belum memahami pentingnya belajar demi masa depannya. Biasanya anak mulai memahami pentingnya belajar ketika menginjak usia SMA. Jelaskan keuntungan belajar dengan cerita-cerita orang yang sukses dengan rajin belajar.

6. Pahami penyebab malas

Dengan memahami penyebabnya, Anda akan lebih mudah untuk menemukan solusi belajar anak.

0 Response to "Mengatasi Anak Malas Belajar"

Post a Comment